July 17, 2012

Memeluk Mimpi Mendayung Harapan

Hidup tidak akan berhenti memproduksi persoalan.
Itulah fakta yang harus diresapi sebelum kita berpikir tentang kebahagiaan. 

Tak ada bahagia yang berdiri di atas kondisi serba sempurna. 
Yang ada, bahagia yang bisa dibangun dari rasa syukur atas kondisi-kondisi yang ada, susah dan senang.

Susunan kata yang indah itu, masih melekat dalam hati dan pikiran saya. Itulah sebagian kalimat cantik yang tercurah dalam karya seorang Alberthiene Endah dalam launching bukunya siang tadi, "Meuthia Rizki, Memeluk Mimpi Mendayung Harapan".
Adalah seorang Meuthia Rizki yang kali ini menarik perhatian Alberthiene Endah untuk menyuguhkan sebuah catatan, perjalanan hidup tentang seseorang yang mengarungi masa-masa hidupnya yang didera ujian bertubi-tubi, hingga akhirnya sosok tersebut bisa menjadi inspirasi bagi ribuan orang di sekitarnya. Siapakah sosok tersebut? Apa yang istimewa darinya?

Meuthia Rizki
Meuthia Rizki adalah orang yang saya kenal sejak tahun 2009, beliau adalah salah satu top leader dalam bisnis yang saya jalankan. Dan kali ini, beliau ingin memberikan pandangan (khususnya untuk kaum perempuan) bahwa, nyatanya persoalan hidup itu sudah sepatutnya menghampiri kita, jika kita mampu bangkit dan berpikir jernih dalam setiap persoalan, maka seberat apapun masalahnya Insya Allah akan akan mudah menemukan jalan keluarnya.

Kenyataannya, setiap kali kita merasa bahwa apa yang kita alami adalah masalah terberat, ketidakberuntungan sepertinya melekat pada diri kita, hingga akhirnya kita sampai pada titik di mana kita kehilangan kendali, jauh dari itu semua... kita adalah orang yang tetap memiliki keberuntungan dan pantas bahagia. Itulah salah satu hikmah yang bisa saya ambil dari bukunya. Kepekaan seorang Alberthiene dalam menangkap moment seorang Meuthia dan sikap jujur serta apa adanya Meuthia, menjadikan rangkain kata yang tercurah dalam buku ini menjadi satu kesatuan yang sangat indah dan  menyentuh hati. Tidak berlebihan rasanya jika saya sangat menyarankan teman-teman memiliki buku ini, untuk menjadi cerminan yang positif bagi diri kita. Walaupun di dalamnya menyebut sebuah perusahaan MLM terbesar di Indonesia saat ini, sama sekali tidak ada pesan sponsor yang tertera :)) Kisah ini murni bercerita tentang sosok Meuthia dan kisah hidupnya.

Saya harus jujur dan mengakui bahwa saya sangat mengagumi beliau. Sejak pertama kali mengenalnya dalam bisnis kami, beliau adalah sosok yang sangat ramah, menyenangkan dan selalu tersenyum. Tak terbersit sedikitpun dalam pikiran saya bahwa ternyata dulunya beliau gagap dalam berbicara. Tidak ada yang akan menyangka bahwa sosok Meuthia pada saat dulu seperti itik jelek yang tidak memiliki siapa-siapa. Namun karena sikapnya yang tegar, kuat dan selalu optimis, itik kecil itu kini telah mejelma menjadi seekor angsa putih yang cantik dan dikagumi oleh banyak orang. Apakah itu sebuah keajaiban? Betul... keajaiban yang menyeruak dengan sinar memancar yang dibangun oleh lentera-lentera yang tak pernah padam dalam dirinya. 


Selamat berbahagia dalam miladnya hari ini Mba... Persembahan buku ini bukan hanya menjadi hadiah untuk peringatan hari jadimu, namun menjadi hadiah untuk saya dan perempuan lainnya agar mampu mempertahankan lentera-lentera dalam diri kami hingga tak ada perasaan gelap yang melekat di hati. 
Launching buku MMMH sekaligus peringatan ulang tahun Meuthia Rizki

Hidup selalu menjanjikan perubahan. 
Hidup selalu menyiapkan kesempatan baik. 
Hidup menyediakan keberuntungan. 
Peluklah mimpi dan dayunglah harapan agar hidup kita bergerak ke arah penuh berkah.

"Tetaplah Menulis, maka Kamu akan tau Siapa Dirimu"
==============================================

Notes : 
Sebuah buku Memeluk Mimpi Mendayung Harapan akan saya beri untuk sahabat blogger yang bisa memberikan komentar paling inspiratif kali ini. #GAterselubung hingga 21 Juli 2012 :))))

39 comments:

Nchie Hanie said...

Kirain yang dapet buku yang Komen Petama Mak..:P

Nchie Hanie said...

Selamat Ulang Tahun buat Mba Meutia..
Semoga Berbahagia..
Semoga menghasilkan karya yang lebih..dan lebiih lagi..
Dan tentunya semoga Sukses ya..

@yankmira said...

@Nchie Hanie : qiqiqiqiq udah biasa kl yg komen pertama dapat hadiah mah. *kirain bakal komen serius :)))

@yankmira said...

Issshh ternyata ada komen seriusnya. Makasih mak Nchie

Maya Siswadi said...

aiiihhh kangen mba meuthia
selalu terinspirasi sosok mba meuthia
kehangatannya, kelembutannya, dan yang pasti leadershipnya

tadi ga jadi pergi karena musti selesein urus e-ktp dulu, huhuhu, padahal pengeeenn banget hadir

Meuthia Rizki said...

Jam tiga pagi terbangun dan membaca tulisan cantik Mira. Terimakasih atas
kehadiran Mira dan teman2 di acara launching bukuku.

Bahagia memiliki sahabat seperti Mira.
Semoga persahabatan ini terus langgeng ya Mira... Amin..

Nchie Hanie --> terimakasih birthday wishesnya.

Maya --> aku juga kangen dirimu kok... LOAy

covalimawati said...

bener ya.. kalau kita merasa persoalan kita sulit, maka akan bnr2 terasa sulit. Tapi kalau kita menganggap bahwa setiap persoalan pasti ada jln keluarnya, insyaAllah persoalan jd lebih mudah.. you are wht you think.. :)

Aku sering baca namanya mbk Meuthia Rizki, tp baru kali ini liat fotonya.. hehe.. Met ultah buat mbk Meuthia, semoga selalu bahagia dan sehat lahir batin..
^^

IndahJuli said...

Apapun yang dilakukan, jadikanlah yang terbaik.
Buatlah karya yang dihasilkan menjadi sejarah atau masterpiece yang terlupakan :)
Selamat buat peluncuran bukunya, selamat hari jadi buat Meuthia Rizki.
Semakin berkibar buat Mira :)

bung Penho said...

kata2nya penuh motivasi banget!
gue salut dgn kata2 mbak Meuthia ini. menyentuh sekali deh!
izin ya copas kalimatnya ya buat dibagi ke temen2 FB dan twitter!

@yankmira said...

@Maya : Aamiin, semoga doanya diijabah. Makasih yaa

@Meuthia : sama2 mba, senang bisa kenal dirimu

@Covalimawati : Yah, inilah sosok beliau yang penuh kehangatan

@Indah Juli : aamiin, terima kasih mba Indah. Sukses juga buat mba Indah

@Bung Penho : Bener banget. Semoga bermanfaat yaa

Niar Ci Luk Baa said...

Wow buku nya perjuangan hidup yaa mbak mira, mau donk... #permintaan terselubung, xixixixi...

Kadang kala hidup itu tidak selalu indah dan menyenangkan, ada saja persoalan yang menghinggapi sampai batas titik jenuh, kalau bisa melewati permasalah itu, akan ada pelangi hidup yang melukis indahnya masa depan.

Niar percaya, semua kejadian itu sudah di atur sama allah, tinggal kita nya mau berusaha atau tidak.

Oiyaa selamat ulang tahun buat mbak Meutia, barakallah :D
#sudah cukup kepanjangan ini mbak mira komenntnya :D

@yankmira said...

@Niar : luarbiasa Niar, kamu semakin dewasa yaa :) *mengaminkan doanya utk mba Meuthia

Ila Rizky Nidiana said...

waaah, udah terbit yaa, mba mira. keren dehh! penasaran sama bukunya. penasaran banget. udah nungguin dari awal bulan, hehe :D

aku termasuk yang terharu baca kisah hidup mba meuthia, baca di blognya. dia cerita tentang masalah finansial pas dia lagi hamil pula.

setiap orang punya takdir yang menggenapi hidupnya. kegagalan, kekecewaan, kesedihan, adalah jalan Tuhan untuk menggenapi diri kita untuk mengajak jauh lebih tabah dari sebelumnya.

Bisa jadi hadiah istimewa yang Tuhan siapkan sebenarnya sudah ada di depan mata setelah ujian usai.saat kita tidak menyerah dengan kegagalan, saat kita terus berusaha memeluk impian kita, menggenggamnya erat-erat. kita akan menemukan jalan dari setiap pemecahan masalah yang kita hadapi kuncinya satu; sabar, syukur dan ikhlas menjalani setiap takdir yang diberikan pada kita. tetap semangat!

Miss Rochma - Mama Arkananta said...

bangkit dari ketidakmampuan itu tergantung pada pribadi masing-masing. karena kesempatan itu selalu ada, tinggal mau meraih atau tidak. suuukkkkaaaaa isi tulisannya :)

@yankmira said...

@Ila Rizky : betull Ila, hikmah adalah sebuah hadiah yang tak tergantikan oleh apapun. Makasih ya

@Miss Rochma : Makasih Rochma

Pakde Cholik said...

Pada hakekatnya setiap orang bisa seperti Meutia asal mau mengikuti 9 tips saya ini.

1. Percvaya kepada takdir secara proporsional, artinya takdir seseorang sudah tertulis mau jadi apa,kapan lahir,kapan meninggal dan akan menikah dengan siapa. Namun karena kita tidak tahu bagaimana yang terulis itu maka kita wajib berikhtiar sekuat tenaga untuk mandapatkan yang terbaik, diiringi doa yang tak pernah putus.

2. Kita harus mempunyai goal dalam hidup ini. Goal itu bukan hanya diangan-angankan tetapi diwujudkan.
3. Jika gagal mewujudkannya maka jangan putus asa, bangkit,bangkit dan bangkit lagi sampai goal kita tercapai.
4. Tak mundur walaupun banyak orang yang mengejek dan mentertawakan kita. Buktikan bahwa goal kita akan berhasil.
5. Jangan underestimate dengan kemampuan kita. Pada diri manusia ada potensi "memunculkan kemampuan tersembunyi" setiap menghadapi tantangan.
6. Jangan terkesima dengan pujian orang karena hal itu bisa membuat kita lengah,terlena dan cepat puas diri.Sebaliknya jangan ofensif terhadap kritikan. jenderal Tsun Zu berkata " setiap kritik saya letakkan dalam bejana emas sedangkan semua pujian saya lempar ke keranjang sampah"
7. Selalu berusaha upgrade diri dengan membaca, belajar, berlatih.
8. Berupaya satu klik diatas rata-rata manusia. Jika semua orang sudah bisa membuat martabak maka usahakan untuk membuat martabak yang memiliki nilai plus, misalnya martabak topping kremes (misalnya lho..)
9. Luruskan niat, bekerja apa saja untuk ibadah agar hasilnya barokah dan tetap on the right track.

Saya dulu bercita-cita menjadi orang gagah. Sayapun mendaftar ke akademi militer. Hasilnya..saya menjadi jenderal dan sekarangpun saya masih gagah karena menjadi Komandan Blogcamp Group yang membawahi tak kurang dari 30 blog berhahasa Indonesia dan Inggris.

Yuk maju, jangan malu apalagi malu-maluin.

Salam hangat dari Surabaya

Esti Sulistyawan said...

Seringkali ketika kita menghadapi masalah, kita berpikir bahwa masalah kita adalah yang yang paling berat di seluruh dunia, bahkan kita menginginkan orang lain pun ikut bersedih bersama kita.

Ketika saya sedang ada masalah yang membebani psikis dan fisik, saya mencoba untuk selalu bersukur dengan apa2 yang saya miliki bukan malah menyesali apa2 yang tidak saya miliki.

Melihat ke bawah pada saat2 terjepit dibutuhkan sekali, dengan begitu masih bisa berucap sukur 'masalah kita cuma segini' dibandingkan dengan orang lain yg lebih kurang beruntung.

Sesungguhnya tidak ada masalah yang berat, yang ada hanya kemampuan kita menyelesaikan masalah yg masih kurang.

Selamat ulang tahun mbak Meutia, semoga menjadi inspirasi wanita2 Indonesia

*mbak mira komennya gak kepanjangan kan ya, dibanding komennya Pakdhe hehe

niken said...

Kita sering melihat rumput tetangga lebih hijau dari milik kita. Tanpa mau melihat apa yang dilakukan tetangga itu untuk membuat rumputnya menjadi sedemikian hijau. Padahal kalau kita mau memberi pupuk rumput kita, menyiraminya, membersihkannya dari tanaman liar, maka kita juga akan mempunyai rumput yang hijau, indah bahkan mungkin lebih dari milik tetangga kita.... *komennya tukang taman beda ya mbak Myra...*

sarijeruk said...

wah, saya pertama kali liat Ibu yang satu ini lewat majalah jaman saya SMA. Setuju dengan pendapatnya bahwa impian harus dipeluk, tapi untuk mewujudkannya kita harus bangun dan berkerja keras... karena hidup itu pilihan, kita ada disini karena pilihan dan determinasi kita

Mami Zidane said...

hidup memang tidak akan berhenti memproduksi persoalan ya mbak, sebagai manusia yang sudah di anugerahi akal dan pikiran oleh Tuhan sudah seharusnya kita tetap bisa berdiri tegar di antara banyaknya persoalan hidup yang menerpa kita.

ibarat seekor kupu-kupu yang bisa terlihat begitu menawan setelah melewati serangkaian proses yang bernama metamorfosis. seperti itulah hendaknya setiap manusia, untuk menjadi sosok yang mempesona banyak orang tentu butuh proses panjang yang harus dilewati.

Nurmayanti Zain said...

pengen kayak gitu *kapan yak? hehehe, step by step deh. mulai dari hal kecil. mulai dari hal yang disukai :)

INDScript Creative said...

pengen banget hadiiir kalo dekat :(

Rina Susanti Esaputra said...

pengen dapat hadiah bukunya...:) jadi mikir dulu nich sebelum komen....saya suka judulnya yang memang pas untuk setipap orang peluklah mimpi dan dayunglah harapan...tanpa mimpi hidup kita akan diam di tempat, tak akan ada perubahan dalam diri yang berarti. tapi mimpi tak bisa hanya dipeluk (sekedar angan) tapi raih dengan mendayungnya...#duh, komennya biasa banget#

Lidya - Mama Cal-Vin said...

terimakasih ya bukunya ooops salah ya hehehe kepedean

AnnaAQyuan said...

Subhanalloh..
Setiapa keindahan teercipta bukan karena sempurnanya apa yang kiota punya.. tapi sesempurna apa kita mensyukuri dan membagikan kebahagiaan itu untuk siapapun orang-orang dalam kehidupan kita..

Selamat hari lahir mbak Meutia Rizki, semoga semakin sukses, dan selamat juga sama Bunda Mira yang sudah mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan sesosok hebat yang menyadarkan arti berjuang untuk memeluk mimpi :)

@yankmira said...

@Pakde : wow lengkap banget de tips dan ulasannya, Insya Allah semua itu menjadi bekal saya khususnya untuk bisa terus melangkahkan kaki ke depan ya De

@Esti : gak papa ko esti, mau sekalian dijadikan postingan juga boleh hihihi, makasih yaa

@Niken : Aamiin, jelek jelek yang penting rumput itu tetp kita pelihara ya Niken

@Sarijeruk : semoga pilihannya untuk bergerak terus ke depan ya mba, makasih

@Mami Zidane :Betul Mam, dan sosok Meuthia Rizki inilah sepertinya bisa menginspirasi perempuan lainnya yaa

@Nurmayanti : Aamiin, ta doain secepatnya Noor, yakin bisa

@Indscript : Insya Allah semoga next bisa yaa

@Rina Susanti : yang biasa itu belum tentu biasa lho mak, makasih yaa

@Lidya : beugh si teteh nih :)))

@Anna : betul... *turut mengaminkan doa untuk beliau, terima kasih ya Anna :)

Niar Ci Luk Baa said...

mbak mira yang cantik jadi salah satu inspirasi ben bisa makin dewasa, karena kedewasaan orang itu dilihat dari hatinya bukan usianya , iyaa toh mbak :D

penanti hujan said...

karena pencapaian tak akan didapat dengan mudah, seperti menanti pelangi setelah hujan yang dingin,

jangan pernah berhenti berharap, karena dalam harap do'a-doa'a tentang mimpi akan dipeluk erat oleh Allah,,

salam kenal mba :)

Bintang Maulana said...

Luar biasa!
sukses selalu mbak:)

salam kenal dari saya.
jgn lupa kunbal+follow ya :D

Goiq said...

selamat ultah mbak meutia...

@yankmira said...

@Niar : bener banget Niar, dan benturan kehidupan yang mendewasakan kita

@Penanti hujan : Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal juga

@Bintang : Aamiin, terima kasih kunjungannya ya, salam kenal juga

lidya said...

Wadh blognya adem banget

A. Y. Indrayana said...

Tadi dilansir mbsk Yankmira, "walaupun didalamnya ia menyebut perusahaan MLM terbesar di Indonesia..."


Apa aku pernah kenal nama perusahaan apa MLM nya ituu??
Soalnya tadi disebutkan juga mengenai istilah "Top Leader" ????



Blogwalking pra-Subuh. Follback yak ^ ^

Ririe Khayan said...

Kesulitan dan persolana hiudp akan membawa kita pada fase kehidupan yang lebih dewasa dan bijaksana, karena hadirnya kesulitan dan persoalan hiudp secara significant akan memprovokasi kita utk membuat lompatan once step ahead.

BUkankah ketika sebuah kesulitan muncul hanya akan bisa diselesaikan jika melangkah minimal satu level dari kondisi saat kesulitan tsb muncul.

Oia, turut mengucapkan best wishes utk Mbak meutia di usia barunya. Semoga hiudp semakin bermakna dan menginspirasi banyak orang lagi..termasuk saya tentunya.

Belajar Forex said...

Ikut menyimak artikelnya gan :-)

Salam,

@yankmira said...

Baiklah kawan... seperti janji saya, komentar yang paling pas menurut saya adalah komentarnya Ila Rizky. Selamat yaa, silakan inbox data2nya.

terima kasih buat semuanya :)

Kolesterol said...

Izin nyimak aja mbak hehehe...

tour and travel surabaya said...

saya mw bukux.. :P

duta pulsa said...

selamat dan sehat selalu..

Follow My Blog