May 24, 2012

Raksasa Tidur dan Jiwa Bangsa

Sepertinya, tema seperti ini pernah saya tulis, hanya saja lupa kapannya. Kebetulan saat ini ada satu kontes blog yang menggelitik, bukan karena sekedar menghormati sang penyelenggara untuk berpartisipasi (*minta dikeplak), tapi memang ada hal yang pengen saya sharing dalam tulisan kali ini *halagh, sok serius yaa...

Beberapa waktu hiatus dalam menulis blog, ada rasa malu mendera, yak... malu sama temen2 yang masih setia mampir ke blog sederhana ini, tapi alhamdulillah visitor masih berdatangan tiap hari nya nih (*bangga, wkkwkw). Dan kali ini memang sudah seharusnya adrenalin yang sempat menurun itu harus kembali dinaikkan, sama kaya judul di atas tuh. Wes, kepanjangan intronya :P

Well... dalam menjalani skenario hidup, tentu saja ada banyak hal yang menjadi catatan-catatan yang tersurat maupun tersirat, dari bentuk sederhana sampai luarbiasa, dari rasa manis hingga asem kecut sekalipun, kita sebagai orang yang dikasih akal dan pikiran tentu harus bisa menjalani itu semua dengan segala potensi yang ada dalam diri kita. Ya gak?  Tapi setiap orang punya pilihan, cuma 2 aja : Maju atau Diam, lebih parah lagi mundur. Sudahkah kita mengukur hal tersebut? *Jawab sendiri deh...

Cobalah menelaah ke dalam diri kita, sadar ga bahwa kita ini terbangun dengan konsep alam bawah sadar sejak dulu, sejak kita masih kecil. Banyak sekali hal-hal yang menjadi catatan alias pembatasan terhadap diri kita, yang entah... mungkin itu datangnya dari lingkungan sekitar atau dari orang-orang yang sempat mendidik kita. misalnya : "Hey, jangan main jauh2 yaa Nak, nanti kamu diculik" - "Sssstt, udah jangan berisik" (dengan memperagakan 1 telunjuk mengarah ke bibir kita) - "awas, jangan ini jangan itu daaan lain-lain". Konsep itulah yang telah mendera dan tertanam sampai akhirnya membentuk pribadi kita yang sekarang. kita terbentuk dengan pola pikir yang ditanamkan pada kita sehingga bisa saja dengan mudah kita mengatakan bahwa "sorry, saya ga bisa" atau "ah engga, saya malu" atau banyak hal lainnya yang seolah2 mencitrakan diri kita itu banyak sekali kekurangan. *kasian yaa...

Dalam kondisi seperti itu, jelas sekali memudahkan raksasa tidur menggelayuti diri kita. Kita menjadi pribadi yang malas, mudah menyerah, mudah emosi, bahkan bisa menjadi sangat tidak percaya diri atau terlalu angkuh dalam menjalani hidup. heloooo, kamu sadar ga bahwa raksasa itu sedang menyatu dengan jiwamu? Itu jualah yang kini dirasakan bangsa Indonesia tercinta. Banyak sekali Raksasa tidur di sekeliling kita, sehingga banyak pula kejadian-kejadian yang memicu segala pertentangan, perkelahian, tindak kekerasa, pembunuhan, perampokan dan lain. Belom lagi berita-berita yang super lebay disiarkan, semua cerita di dalamnya berisi kejelekan Bangsa ini. Apakah memang sudah hilang yaa prestasi negara kita ini? Sungguh menyedihkan. 

Yah, saya akui, apalah tulisan saya ini jika tanpa aksi nyata? namun setidaknya di sini saya menyuarakan, mencoba berbagi, bahwa nyata, bahwa ada... di dalam diri kita dan bangsa ini, Raksasa tidur itu. Tidakkah kita mau berubah? Jika terlalu sulit merubah bangsa Indonesia, maka rubahlah diri kita sendiri, bangunkan raksasa tidur dalam dirimu, keluarkan dia dan mulailah melakukan sesuatu yang lebih berguna serta bermanfaat. Ga tau memulainya dari mana?? buang sedikit demi sedikit rasa malas, keluarkan ide-ide segar dalam keseharianmu, kikis secara teratur keluhan-keluhan yang biasa diucapkan, dan pangkas habis ketidak disiplinan diri, apapun itu. See? gampang kan? life is easy if you were able to defeat an enemy in yourself. Right?

Bangkitlah Kawan, Bangkit Indonesiaku... Bumi Pertiwiku :)

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di BlogCamp

19 comments:

cah_kesesi_ayutea said...

sure..

i am PERTAMAX.. hehe

kalo raksasa tidur, enak yaa mbak..?
soalnya nggak nakutin.,.

ekekekek

Ririe Khayan said...

Yg parah jika saya hanya menganggap di sekitar saja yang banyak raksasa tidur tanpa menyadari jika diri saya juga termasuk raksasa tidur? #mengerikan!

Shohibul Kontes Indonesia Bangkit said...

Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
Akan segera saya daftar
Terima kasih atas partisipasi sahabat
Salam hangat dari Surabaya

Nchie Hanie said...

Ayoo kita smangat..
jangan males..
Ayo bangkit..

sukses ya Mak ngontesnya..
*pagi ini aku lemas, ngantuk, semalam bgadang tidur pagi, gara2 kalian mak2 heboh*hiks..telerr

Mami Zidane said...

merubah keadaan bangsa bisa di awali dengan merubah keadaan diri pribadi masing-masing dulu ya mbak....mantap itu mbak, dari sesuatu yang kecil kita bisa meraih seuatu pencapaian yang lebih besar ya.

Insan Robbani said...

wah.. di kontes ini pertama kalinya saya ikutan, tp saingannya berat2 euih....
datangi blog baruku ya. http://trip-ma.blogspot.com/2012/05/bangkit-dan-berjuanglah.html

Anggie...mamAthar said...

Oke.. oke.. saya pun bisaaa.... Semangaaaatt...

Niar Ci Luk Baa said...

Raksasa males pergilah, tak usah datang yaa...xixixixi...........


mbak mira keren deh tulisannya :D

Sarah said...

yup, semua memang harus dimulai dari diri sendiri dulu ya Mbak :)

Bung Penho said...

ayoo kita beli wekker biar raksasanya pada bangun hihihii...!
btw, seperti warga negara kita ibarat kata "Elo-elo, gue-gue. negara boleh kacau tapi gue hidup enak. masalah elo, ya elo fikirin sendiri". inti banyak dr kita ingin memerdekakan diri sendiri tanpa perduli kehidupan disekitar kita. itulah yg bikin kita gak pernah satu, tak ada lagi kebhineka'an, semuanya untuk kepentingan pribadi and kelompoknya.

Anonymous said...

tulisan yg memotivasi mba...hrs dimulai dari diri sendiri ...sipp

idahceris said...

pingin lihat raksasa yang lagi tiduuuuur, mba myra? :D
top abiiis. . .

Ardiansyah Pango Darwis said...

kalau mau sih harus di bunuh tuh rasa males :D
salam kenal dari Bandung :)

intan rawit said...

ayok bangkit dan mulailah rubah mulai dari diri sendiri..semangat!

have a nice weekend mak mira :)

ke2nai said...

merubah suatu bangsa memang gak bisa dilakukan oleh satu pihak aja.. Tp hrs ada suatu kesadaran dr masing2 individu & dari berbagai lapisan..

Spt kata lirik lagunya Mariah Carey "There's a hero lies in you"

Outbound di Malang said...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

cara mengobati luka bekas operasi said...

artikel nya cnatik !!!!

cara mengobati jerawat said...

aku tunggu part 2 ya !!!

Obat Ambeien Tradisional said...

Sukses tak akan datang bagi mereka yg hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yg selalu berusaha wujudkan mimpinya

Follow My Blog