January 25, 2012

Aku Ingin Mama Sehat Selalu

Masih teringat rasanya ketika aku mendapati Mama berlari-lari ataupun sekedar mengingatkanku untuk makan. Saat itu usiaku sekitar 6 tahun. Yaa.. aku termasuk anak yang susah makan pada saat itu. Jangankan bisa mengunyah sayuran, untuk memasukkan beberapa suap nasi ke dalam mulutku, tak jarang Mama harus berusaha dengan segala bujukannya. Sungguh jika kukenang masa itu, terlintas kerinduan yang mendalam untuk Mama, rasanya ingin langsung berlari dan memeluknya, seraya meminta suapan itu kembali datang untukku.

Kini aku sudah dewasa Mam, aku sudah menjadi seorang Mama bagi kedua anakku. Dan kini aku tau betul bagaimana perjuangan seorang Mama ketika harus melewati masa-masa yang cukup indah dalam mengasuh kedua buah hatiku, sangat membutuhkan kesabaran dan keluasan hati. Teringat ketika waktu aku melahirkan anak-anakku, rasa sakit dan perjuangan ini, adalah bagian yang pernah kau rasakan juga pada saat melahirkan aku dan kakakku. Ya Allah, jika Engkau memang menghendaki aku untuk berbakti pada orangtuaku, Ibuku, maka mudahkanlah jalanku dalam membahagiakannya. Inilah yang kuharap dan kuinginkan saat ini. Membahagiakan Orangtuaku, terutama Mamaku.

Setiap usia itu pastinya terus berjalan, mengurangi sisa-sisa waktu yang telah diberikan olehNya. Begitupun dengan usia Mamaku yang kini sudah memasuki hampir kepala 6. Aku bersyukur di usianya yang sekarang, Mama masih terlihat sehat, walaupun aku tau sesekali Mama mengalami sakit seperti demam, flu atau batuk. Sedih rasanya jika mendengar kabar Mama sakit, karena aku tidak bisa secara langsung menemaninya karena kami berbeda tempat. Kalau sudah begitu, doa lah satu-satunya penyambung hatiku dengan Mama, agar senantiasa Mama selalu dalam keadaan sehat tanpa kurang satu apapun.

Aku rasa setiap anak menginginkan orangtuanya selalu sehat, terutama Mama, yang dengan sepenuh hati mencurahkan tenaga, rasa dan pikirannya 1 x 24 jam secara terus menerus, tiap hari, minggu, bulan bahkan  bertahun-tahun lamanya. Bahkan ketika aku sudah menikah dan memiliki 2 anak pun, Mama seolah tak pernah lepas pandang dalam mengayomiku. Segala petuah atau nasehat bijak akan selalu Mama berikan sebagai bekalku dalam menjalani sebuah proses kehidupan ini. Lihat kan? Bagaimana aku mampu melupakan segala hal yang telah Mama beri untukku? Mama sudah menjadi bagian dalam separuh jiwaku. Rasaku selalu bisa Mama miliki, dan apa yang Mama rasa, terkadang aku luput darinya, ampuni aku Tuhan. 

Kali ini, aku ingin mengajak semua anak untuk tetap mendukung Mama kita, menjaga Bunda tercinta yang menghadirkan kita di dunia ini untuk tetap bisa memberikan segala perhatian agar senantiasa Bunda  selalu terhindar dari segala kerisauan dan penyakit yang sekiranya akan menimpa. Hal ini tentu sudah menjadi kewajiban seorang anak, namun sebagai manusia... tak jarang kita khilaf, kita terlalu angkuh mengakui bahwa kita bisa berdiri hanya dengan kaki kita, padahal semua kesuksessan, kemudahan dan kelancaran adalah meruapakan doa tulus dari orangtua kita, doa Mama kita, pagi siang sore malam bahkan hingga larut dini hari, Mama memang tak pernah mengenal lelah dengan semua itu, selalu mendoakan kita.

Sudah sepantasnya saat ini kita bisa menjadi peran seperti Mama kita dahulu, membantu mengingatkan agar selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, nutrisi yang baik. Karena sadar ga sadar, Semakin jelang usia Mama, kita akan menemui Mama seperti kita kecil. Lalu siapa yang bisa melakukannya kalau bukan kita sendiri? Ya, Anak-anaknya! Jika sewaktu kecil ASI lah yang menjadi sumber nutrisi terbaik bagi kita, maka saat ini, kesehatan Bunda pun menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita. Semakin renta orangtua kita, tentunya semakin banyak vitamin, asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatannya. Dan itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai seorang anak. "Ayo Dukung Bunda, Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita". Berikanlah yang terbaik untuk Bunda kita, saat ini juga tanpa perlu menunggu beliau meminta kita. Semoga Allah Swt senantiasa selalu menjaga, melindungi dan memberikan yang terbaik bagi orangtua kita, Bunda kita. "Peluk dan sayangku untuk Mama"

25 comments:

Nchie said...

Hiks..terharu ..

Semoga Mama-mama kita selalu di beri kesehatan ya Mir.
Dan semoga selalu dalam perlindungannya..

Ga bisa ngomomg deh kalo soal MAma..
Aku ga deket sama Mama,tapi aku sayang,..

ke2nai said...

semoga mama2 kita selalu di beri kesehatan.. big hug utk semua mama :)

alaika abdullah said...

Raaa.... aku juga baru posting doa tentang mama di sini: hhttp://alaikastory.blogspot.com/2012/01/kala-ibu-berbohong.html
kok sama ya feeling kita... aku juga baru posting satu artikel tentang kangen dan sayang ayah... hehe...

amin...semoga ibunda kita juga ayah tetap dalam lindungan dan berkah Allah Yang Maha Penyayang ya Ra....

amin YRA...

@yankmira said...

@ Nchie : iya mba, aamiin. bagaimanapun bentuk hubungan kita dengan orantua, naluri kita ga bisa jauh2 dari seorang mama.

@ke2nai : Aamiin mba... makasih

@yankmira said...

@Alaika : wah, kita sehati ya Mba...aku mendoakan doa mba juga, Aamiin Insya Allah semoga Allah meridhoi :)

Pengobatan Tradisional Penyakit HIV AIDS said...

sedih bacanya kalau bersangkutan dengan mamah,,
semoga mamh kita diberikan kesehatan dan panjang umur..


salam kenal yah mba..

Sary Ahd said...

jadi kangen sama ibuk :')

ini yang buat lomba itu ya?

@yankmira said...

@ Pengobatan Tradisional : Aamiin, Insya ALlah yaa. makasih sudah berkunjung, salam kenal juga

@Sary Ahd : :D *nyengir kuda

Orin said...

huhuhuhu...jd kangen mamaku mba Mir. Semoga para mama sehat selalu ya, Aamiin

Honeylizious Rohani Syawaliah said...

semoga mamanya selalu diberikan kesehatan ya dear :D

@yankmira said...

@ orin & Honeylizious : aamiin, tengkyu dear, kudoakan sebaliknya yaa

Atma Muthmainna said...

jadi kangen sama mama,
salam sayang buat mamanya semoga sehat slalu..

suci nabbila said...

:( semoga mamaku masih ada saat aku punya anak nanti. aminamiiin. huweeee mamaaa! mama manaaa!? *celinguk

@yankmira said...

@Atma : Aamiin, makasih ya

@ Suci : Aamiin Suci, aku turut mendoakan yaaa, Insya Allah dikabulkan

Hana Ester said...

Hellooww mama :)

BigHug untuk smua mama2 didunia dan calon2 mama lainnya!!!

mimi RaDiAl said...

hadeuh...klo udah cerita ini merinding2 dah mimi hikzzzz. krn lum sempat memberi yg terbaik buat mama tercinta :(...smg damai disana y ma,dan buat mama mira, smg sllu diberi kesehatan dan umur panjang amin

Lidya - Mama Pascal said...

wah mira udah ikutan aja nih, semoga menang ya

-de- said...

I don't want to be queen of the world, as long as I'm the hero of my children.

Smoga kita bisa menjadi pahlawan bagi anak2 kita yaaa

btw aku masih di jakarta kok. Cuma pindah tempat kerja aja. Maju terus bela yg bayar hehehe

dmilano said...

Apapun ceritannya, perjuangan seorang ibu dalam membesarkan kita sangat besar dan tak terbalaskan. sudah sepantasnya kita sbg anak untuk menjaga dan merawat beliau dengan baik.

ketty husnia said...

tadi ke tempatnya mbak alaika..topiknya ayah..sekarang menuju kesini..topiknya mama..perpaduan yg menarik di hari ini..mengingatkan pembaca utk lebih ingat ortu..nice post mba..

@yankmira said...

@ Hana : Heylow juga Hana, gib hug juga yaa

@ Mimi : Turut mendoakan buat ibunda MImi di sana, makasih yaa

@ Lidya : ckckckc, Aamiin Insya Allah

@ de : Super sekali mba :P. sip kalau gitu, semoga makin sukses yaa

@Dmilano : setuju, makasih juga udah mampir ke sini yaa

@ Ketty : iya kemaren mba alaika juga smpet bilang gitu, lagi sehati kita. makasih yaa

Mami Zidane said...

huaaaa...jadi tambah kangen ma ibuku di jawa nih mbak....hampir tiap hari aku telpon ibuku di rumah mbak...yah meskipun kami tinggal terpisah jauh..tapi aku selalu berusaha untuk selalu dekat di hatinya...

Anggie...mamAthar said...

Mama ku juga akan sell ada untukku... dan aku merasa sangat dekat skali walo mama ku sudah di surga.. ;) Dan ketika aku bercanda dan bersenda gurau dengan Athar (cucu mama), aku pun merasa mama ada bersama kami ...

Una said...

Kalau mama mbak hampir kepala 6, ibuku hampir kepala 5. :D
Semoga ibu kita selalu sehat ya...

Bunda Kanaya said...

paling ga tahan kalo harus baca tentang seorang mama... jadi inget mama di rumah, pengen peluk

Follow My Blog